Nikah Yang Penting SAH Bukan WAH

14.50

Belum nikah?
Bingung soal jodoh?
Bingung soal resepsi?

Maaf, adat-adat di Indonesia kurang-lebih sama saja. Menuntut ini-itu dalam prosesi pernikahan. Walhasil, betapa banyak orang menunda pernikahan bahkan batal nikah cuma karena mikirin adat, gengsi, dan resepsi. Padahal nggak harus. Kan nikah itu soal "SAH" bukan soal "WAH".

Maka, tak ada salahnya kalau calon istri diajak nikah secara sederhana. Ini tes awal, apa dia siap hidup susah atau tidak. Juga tes awal, apa dia mau taat suami atau tidak. Untuk jelasnya, baca buku saya, Enteng Jodoh Enteng Rezeki (royalty for charity).

Coba deh pakai pendekatan ini. "Mapan? Nikah. Belum mapan? Tetap nikah." Yang penting, pria bertanggungjawab dalam penafkahan. Anehnya, sebagian orang bersikeras hanya mau menikah setelah pasangannya mapan. Hm, hati-hati, justru nanti diuji dari situ, dari kemapanan.

Anda-Anda yang belum mapan, tenang saja. Bukankah menikah itu membuka pintu-pintu rezeki? Allah yang menyuruh kita menikah, tentu Allah bertanggung-jawab atas kita dan rezeki kita. Sudahlah, halau segala rasa risau dan galau.

Yang belum menikah, saya turut mendoakan. Semoga segera menikah dan bahagia dengan pernikahannya. Aamiin.

#dibagi dari saluran telegram Ippho Santosa - ipphoright

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe