Cara Terbaik Mengatasi Stress

14.49

Anda stress?
Tim Anda stress?

Apapun posisi dan profesi kita, tak bisa lepas dari bahaya stress.

Salah satu petinggi Polri, Anton Charliyan, mengakui bahwa banyak anggotanya yang stress.

"Di satu penelitian, polisi lalu lintas dan anggota reserse, hasilnya mencengangkan, 80 persen mereka mengalami stress karena beban tugas," kata Anton.

Menurutnya, tekanan pekerjaan yang cukup berat, ditambah urusan pribadi menjadi faktor dominan yang menyebabkan anggotanya stress.

Sekali lagi, ini sebenarnya terjadi di semua bidang. Bukan di kepolisian saja.

Fakta lain, orang miskin yang stress lebih cepat meninggal ketimbang orang kaya yang stress. "Efek kemiskinan ditambah stress ibarat bom," kata Antonio Ivan Lazzarino, peneliti dari University College London, Inggris.

Profesor Glyn Lewis, pakar epidemiologi psikiatri di Universitas Bristol di Inggris, tidak terkejut dengan temuan tersebut. Terus, gimana solusinya?

Saran saya, harus dicari tahu dulu akar permasalahannya. Jalan-jalan dan liburan hanya bisa memberi kesenangan sesaat. Solusi sejati tidak bisa terhadirkan dari aktivitas-aktivitas tersebut.

Saran berikutnya, minta masukan dari pasangan dan mentor. Sepertinya mereka memiliki pandangan yang lebih jernih terhadap masalah kita. Juga lebih jujur.

Terakhir, bawa setiap masalah dalam doa dan ibadah. Kita semua tahu, hanya DIA yang menggenggam segala solusi. Hanya DIA pula yang bisa menentramkan setiap hati.

Dengan begitu, mudah-mudahan kita, tim kita, dan keluarga kita terbebas dari stress. Sekian dari saya, Ippho Santosa.

#dibagi dari saluran telegram Ippho Santosa

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe